Wednesday, January 9, 2013

Longsor di Puncak Terjadi Sepanjang 120 Meter

Jakarta - Proses evakuasi material longsoran di Jalan Raya Puncak, Desa Ciloto, Cianjur masih dilakukan petugas gabungan dari Polres Cianjur, Brimob, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menggunakan 3 (tiga) unit alat berat dan truk, petugas berupaya membersihkan tanah dan batu dari bahu jalan yang menjadi akses utama menuju kawasan Cipanas.

Tebing setinggi 70 meter di sisi jalan, diduga longsor akibat tergerus air yang turun dari atas tebing. Sementara panjang tebing yang longsor mencapai 120 meter.

"Longsor diduga terjadi akibat guyuran hujan. Selain itu, suling (lubang-lubang untuk saluran air dari atas tebing) sudah tidak berfungsi. Sehingga air mengalir melalui tebingan," ujar Kapolres Cianjur, AKBP Agustrie Heriyanto, Rabu (9/1/2013) malam.

Ratusan kubik tanah dan batu hingga kini masih berserakan di badan jalan. Material yang longsor merupakan tanah dan batu dari beton yang menjadi dinding dan penahan tebing.

Sementara itu, akses jalan raya Puncak menuju Cipanas dan sebaliknya masih lumpuh total. Kendaraan dari Puncak, Bogor menuju Cipanas dihentikan petugas dan diminta memutar arah sejak di kawasan Riung Gunung, atau sekitar 2 kilometer dari lokasi longsor.

No comments:

Post a Comment

 
Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program